Cara Gunakan Akun Dropbox untuk Cadangan Website Wordpress Anda

Hari ini , saya senang untuk menulis tentang WordPress setelah waktu yang lama . Aku benar-benar merindukan menulis artikel Wordpress karena saya memiliki banyak topik lain untuk menulis tentang dan sebagian besar pengunjung blog saya adalah pengguna komputer . Tapi hari ini , saya menulis untuk orang-orang yang memiliki website sendiri , terutama bagi mereka yang menjalankan situs web di Wordpress . Ketika kita berbicara tentang CMS , WordPress adalah CMS atas karena memberikan begitu banyak fleksibilitas dan menawarkan banyak fitur yang tidak tersedia pada setiap CMS lainnya . Satu hal lain yang membuat Wordpress begitu populer adalah bahwa sangat mudah digunakan dan melaksanakan . Dalam waktu singkat , setiap orang dapat belajar bagaimana menggunakannya dan mulai situs mereka sendiri .

Backup adalah bagian yang sangat penting dari situs web apapun karena hacker pada berkeliaran seluruh internet sepanjang waktu dan ada kemungkinan bahwa suatu hari seseorang hacks blog WordPress Anda . Jika Anda memiliki cadangan blog WordPress Anda maka sangat mudah untuk mengembalikan blog Anda ke keadaan sebelumnya dan memperbaiki semua masalah keamanan . Sekarang , pertanyaannya adalah " Cara membuat cadangan Blog Wordpress atau Website? " Cadangan tidak ada tugas yang mudah dan itu sepenuhnya tergantung pada bagaimana Anda ingin mengambil cadangan . Biasanya , setiap Web Hosting Panel memiliki opsi untuk back up segala sesuatu termasuk database dan file-file website . Pada WordPress , Anda dapat menggunakan plugin untuk mendukung blog Anda atau Anda juga memiliki pilihan untuk men-download seluruh website melalui FTP . FTP adalah cara yang paling populer untuk membuat cadangan situs web apapun tapi perlu koneksi internet kecepatan tinggi dan ini tidak mungkin bagi setiap pengguna WordPress . Jadi , cara lain adalah dengan menggunakan plugin apapun untuk mendukung WordPress . Ada sejumlah besar plugin yang berjalan di WordPress dan mengambil salinan lengkap dari situs WordPress Anda . Tapi sebagian besar plugin dukungan Upload backup pada sistem dan ini mungkin menjadi masalah bagi pengguna internet kecepatan rendah . Masalah ini dapat diatasi dengan back up situs WordPress Anda pada akun Dropbox Anda sebagai gantinya.

Dropbox adalah terkenal layanan penyimpanan awan secara online yang menawarkan hingga 16GB ( 2.5GB gratis dan pada setiap referral , Anda bisa mendapatkan ruang 500MB hingga 16G ) ruang bebas untuk menyimpan file , gambar dan dokumen secara online . Jadi itu adalah pilihan yang sangat baik untuk menyimpan cadangan seluruh website Anda ke akun Dropbox . Saat ini, Dropbox sendiri tidak memiliki fitur untuk men-download website Anda ke akun Dropbox Anda, tetapi Anda dapat menggunakan WordPress plugin Backup ke Dropbox yang memungkinkan Anda untuk menggunakan ruang Dropbox untuk menyimpan seluruh situs Web cadangan WordPress Anda, termasuk database . Ini adalah cara termudah untuk membuat cadangan blog WordPress Anda bila Anda tidak memiliki pilihan untuk mendownload backup pada sistem Anda .

Cara menggunakannya dan pengaturannya ?

Menggunakan Wordpress Backup ke Dropbox sangat mudah , Anda hanya perlu menghubungkan akun Dropbox Anda melalui dashboard WordPress dan set cadangan waktu . Untuk menggunakan plugin ini ikuti langkah-langkah berikut :

1 . Login pertama dengan akun WordPress Anda dan pergi ke bagian Plugins .

2 . Klik Tambah Plugin Baru dan mencari " Backup WordPress ke Dropbox " .


3 . Klik pada tombol install dan kemudian mengaktifkannya .

Setelah menyelesaikan semua langkah di atas , arahkan untuk pengaturan Backup pada panel WordPress dan klik di atasnya . Dalam pengaturan Backup , klik pada tombol Otorisasi untuk menghubungkan akun Dropbox dengan plugin ini .

Setelah Anda mengklik tombol Authorize , plugin secara otomatis akan memindahkan Anda ke situs Dropbox sehingga Anda dapat mengotorisasi aplikasi ini untuk mengakses account Dropbox Anda . Klik pada tombol Allow dan sekarang datang ke WordPress daerah pengaturan cadangan yang sama dan klik pada tombol Continue untuk mengkonfigurasi pengaturan lain .

Sekarang , Anda dapat mengkonfigurasi semua pengaturan untuk memulai backup otomatis pada waktu tertentu . Anda dapat mengatur waktu otomatis cadangan atau hari seperti Harian 09:00 atau setiap Minggu 10:00 dan seterusnya . Anda juga dapat beralih berkas dan folder yang ingin Anda gunakan untuk cadangan atau yang tidak . Anda juga dapat mengatur direktori cadangan di Dropbox dan direktori backup sementara di blog Anda .

Setelah Anda menyelesaikan semua langkah dan Anda dapat bersantai dan melupakan cadangan Wordpress karena akan diurus secara otomatis pada waktu yang Anda tentukan dalam pengaturan .